Informatika dan Pembelajarannya

             Assalamu'alaikum, saya Alifah Mumtadziah Amani absen 02 dari kelas 8E. Dan di blog ini saya akan menjelaskan tentang Informatika dan Pembelajarannya.


Informatika adalah ilmu yang mempelajari mengenai komputer juga penggunaan komputer. Yang biasa untuk menganalisis, menyimpan, juga mengatur data dalam bentuk apapun. Bahkan juga bisa untuk membagi data tersebut secara dalam jaringan ke jangkauan yang luas.

Informatika pada kelas 7 mempelajari banyak hal. Dan di antaranya, yang akan dibahas saat ini adalah tentang membuat game. Yang bagi saya, materi tersebut sangat menarik. Karena itu bisa menjalankan imajinasi kreatif anak-anak untuk terus membuat game yang bervariasi.

Jujur saja, saya jarang bermain game. Dan ini adalah game yang biasanya saya mainkan, Sudoku. Yang merupakan permainan yang menguras otak, dan diharuskan menggunakan logika. Tujuan permainan tersebut adalah untuk meletakkan angka-angka yang berbeda namun tidak boleh dalam kotak atau garis yang sama, dan kita harus meletakkan angka-angka tersebut sesuai pola logika.

Pastinya, game tersebut memiliki unsur Informatika di dalamnya. Salah satunya adalah algoritma dan pemograman. Di mana banyak fitur-fitur perintah yan tertera, juga peringatan saat salah meletakkan angka. Ada pula perhitungan waktu dan perhitungan skor

Kalian bisa menontonku saat memainkan permainan Sudoku ini. Berikut videonya -> Klik di Sini. Mohon maaf harus klik link karena video berupa unlisted.

Dan dengan mempelajari Informatika, kita pastinya pernah melakukan kerjasama dengan teman untuk mengerjakan tugas. Yang bermanfaat untuk mempererat tali pertemanan dan meningkatkan solidaritas. Tak lupa, sifat-sikap itu juga termasuk ke dalam Profil Pelajar Pancasila.


Pertanyaan Reflektif:

        1. Bisa

                        



        2. Mempelajari perangkat lunak. Karena itu adalah materi paling mudah bagi saya.

        3. Menggunakan jaringan internet saat beraktivitas di sekolah, baik saat mengerjakan tugas maupun saat belajar.

        4. Perangkat, Jaringan, dan Pemograman

        5. Mempelajari - Berpikir Komputasional, Sistem Komputer, Analisis Data, Keterampilan Generik, Jaringan Komputer dan Internet, Algoritma dan Pemograman. Semua itu dipelajari dengan detail dan baik hingga akhirnya nilai ujian pun cukup memuaskan.


8 Tentang Informatika

        1. Berpikir Komputasional adalah metode berpikir kreatif dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

        2. Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah bagian ilmu pengetahuan yang wajib dipelajari di zaman modern ini dalam upaya terus memajukan perkembangan zaman. Yang mencakup pengambilan, pengempulan, pendataan, pengelolaan, juga informasi.

        3. Sistem Komputer adalah kumpulan atau rangkaian perangkat komputer yang berhubungan untuk melakukan proses mengolah data. Sehingga hasil pendataan tersebut akan berguna pagi sang pengguna/pemakai.

        4. Jaringan Komputer dan Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang mengubungkan pengguna dengan pengguna lain di seluruh dunia, dengan jarak yang sangat luas. Biasanya tersusun melalui telepon dan satelit.

        5. Analisis Data adalah proses meneliti, memahami, juga mencermati suatu data baik saat masih proses pembuatan, juga setelah proses pembuatan. Hal ini harus diterapi agar kemungkinan dalam melakukan kesalahan di proses pendataan tidaklah besar.

        6. Algoritma dan Pemograman adalah tahapan-tahapan yang disusun secara tertulis juga berurutan untuk memecahkan suatu masalah, lebih tepatnya masalah dalam pemograman komputer,

        7. Dampak Sosial Informatika adalah dampak saat kita menerapi ilmu informatika. Yang bagi saya, ilmu informatika sangat berguna bagi berkembangan juga masyarakat modern. Dan tentu, dampaknya tergolong positif. Meski jika diterapkan berlebihan, akan berubah menjadi dampak negatif.

        8. Praktis Lintas Bidang Infomatika adalah Praktik yang digunakan antar komputer dengan menerapkan ilmu informatika.


    Sekian dari saya, Alifah Mumtadziah Amani - 02 - 8E izin undur diri. Terima kasih dan Wassalamu'alaikum.


























Comments

Popular posts from this blog

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

OMG (Orang Tua Menjadi Guru) di SMP Labschool Jakarta